Capaian Pembelajaran PS-PBSI
Sikap dan Tatanilai
1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri.
11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Penguasaan Pengetahuan
1. Menguasai konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia, keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, serta penelitian pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia.
2. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Penguasaan Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa-sastra Indonesia.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa-sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa-sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa-sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri.
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Penguasaan Keterampilan Khusus
1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa bantu.
2. Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis.
3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran serta; menghasilkan desain pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif.
4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara terintegrasi.
5. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.