Lebaran di Thailand dengan Knomthim dan Rangtho

LEBARAN DI THAILAND DENGAN KNOMTHIM DAN RANGTHO

IDUL FITRI fitri di Thailand yang jatuh pada hari yang sama dengan di Indonesia memiliki keseruan serupa tapi tak sama. Contohnya dari suguhan makanan dan jajanan lebaran.

Selain itu, muslim Thailand juga memiliki budaya makan ketupat lho. Hanya, ketupat di Thailand dibungkus daun kapho, berbentuk segitiga dengan isian beras ketan. Jadi, rasanya lebih mirip lemper Indonesia kendati tanpa isi sama sekali.

Uniknya, orang-orang Thailand yang suka rasa manis, sering menyantap ketupat ini dengan susu kental manis.

Padalah Thailand memiliki knomthim, serupa opor ayam Indonesia. Selain warna kuahnya serupa, rasanya pun tidak beda jauh dengan opor ayam Indonesoa!

Hanya saja, jika opor ayam Indonesia dimakan dengan lauk ayam, di sini, knomthim disantap dengan sayuran mentah seperti mentimun dan kacang panjang. Selain itu juga bisa dimodifikasikan dengan tambahan sayur kheng, pelepah pisang.

Dan, jajanan lebaran di Thailand yang serupa dengan kue tradisional di Indonesia adalah rangtho. Di Indonesia, rangthobiasa disebut kembang goyang atau ada yang menamainyakeripik matahari karena bentuknya menyerupai matahari.

Di Thailand dinamakan rangtho karena bentuk jajanan ini mirip sarang rangtho, serangga serupa lebah hanya lebih besar dan lebih berbahaya.

Rasa rangtho pun juga sama persis dengan keripik matahariIndonesia, manis. Cara membuatnya pun juga tak beda jauh. Adonan cair berbahan dasar tepung terigu, telur, air, gula, dan garam diaduk rata. Kemudian cetakan kembang goyang ataurangtho ini dicelupkan ke dalam adonan lalu cetakan yang sudah berbalur adonan dimasukkan ke dalam minyak panas, dan boom!

Matahari-matahari seolah bermekaran di wajah penggorengan setelah lepas dari cetakan! Nah, berlebaran di negeri gajah putih ternyata tak ubahnya dengan di Indonesia bukan?

Reportase : Hanum Lintang Siwi Suwignyo (dimuat di Surya Cetak 22 Juli 2016)
Mahasiswa Universitas Negeri  Malang/tengah PPL/KKN di Thailand

http://surabaya.tribunnews.com/2016/07/22/lebaran-di-thailand-dengan-knomthim-dan-rangtho/