WhatsApp Image 2018-03-27 at 10.54.35 AMDSC01459WhatsApp Image 2018-03-27 at 10.54.31 AM

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Gelar Sosialisasi Pendaftaran Ujian Skripsi Secara Daring

Malang—Dalam rangka meningkatkan layanan dan pemanfaatan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pendaftaran ujian skripsi dan tugas akhir, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra (FS), Universitas Negeri Malang (UM), menggelar Sosialiasi Pendaftaran Ujian Skripsi dan Tugas Akhir Secara Daring, pada tanggal 16 Maret 2018. Sekitar lebih dari 100 partisipan dari mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2014, 2015, dan 2016 hadir di aula perpustakaan UM, lantai 2. Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk memberikan informasi kepada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia bahwa pendaftaran skripsi saat ini sudah bisa dilakukan secara daring. Pembicara yang dihadirkan dalam sosialisasi ini adalah Moh. Safii S.Kom, M.Hum (Dosen Teknologi Informasi) dan Andi Asari, S.IP, S.Kom, M.A (Dosen Kewirausahaan dan Layanan Jasa Informasi).

Adanya perubahan pendaftaran ujian skripsi dan tugas akhir dari sistem manual ke sistem daring menjadi salah satu alasan utama digelarnya sosialisasi ini. Terhitung mulai akhir bulan Maret 2018 pendaftaran ujian skripsi dan tugas akhir secara daring mulai diberlakukan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa yang akan sidang skripsi maupun tugas akhir lebih mudah mendaftarkan diri melalui sistem daring ini.

Adapun cara untuk mendaftar ujian skripsi dan tugas akhir cukup mudah. Mahasiswa hanya perlu mengakses alamat web Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang beralamat www.jsi.sastra.um.ac.id. Pada halaman web tersebut akan tersedia menu “Ujian Skripsi”. Mahasiswa wajib memilih ikon tersebut dan akan ada tiga tahap pendaftaran. Pertama, pendaftaran ujian naskah. Kedua, pendaftaran ujian lisan. Ketiga, panduan dan jadwal ujian. Mahasiswa wajib melengkapi dan mengunggah berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran sesuai dengan prosuder yang berlaku di halaman web tersebut. Tidak lupa juga mahasiswa harus mencantumkan nomor telpon dan alamat email yang aktif. Hal ini diperlukan agar pihak Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menghubungi mahasiswa jika sewaktu-waktu ada persyaratan yang kurang ketika mendaftar.

Acara yang berlangsung pukul 09:00 WIB sampai 10:00 WIB ini mendapat perhatian khusus dari jajaran dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Sastra Indonesia pun memberikan beberapa pengarahan langsung dalam sosialisasi ini,
“Bagi mahasiswa yang saat ini sudah melakukan sidang, tidak perlu menggulang pendaftaran ini secara daring. Sistem daring ini diberlakukan bagi mahasiswa yang akan melakukan sidang. Diadakannya sosialisasi ini memang karena adanya perubahan sistem manual ke sistem daring. Ini juga untuk mempermudah mahasiswa untuk mendaftar sidang,” ungkapnya ketika menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan mahasiswa.
Acara sosialisasi ini ditutup dengan pengumuman akan diadakan sosialisasi serupa untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2014 pada akhir bulan ini. Hal ini digelar secara khusus agar mahasiswa yang saat ini menjalani semester delapan paham mengenai perubahan pendaftaran skripsi dan tugas akhir sistem daring saat ini.

Penulis: Fathiyatul Ummah, mahasiswa S1 Bahasa dan Sastra Indonesia