Kajian dan Praktek Lapangan adalah matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Mahasiswa diharapkan untuk turun ke lapangan dimana ilmu yang didapat selama di bangku kuliah dapat diterapkan dan memberikan manfaat yang besar baik bagi dirinya dan lembaga bersangkutan. Empat mahasiswi S1 Ilmu Perpustakaan yaitu

1. Adinda Cahya Budiyanti 150214605552
2. Melinda Sita Bella 150214606586
3. Oktaviani Alifiah Novi 150214607161
4. Setiani Cahyaningsih 150214606855

menyelenggarakan KPL di Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dari tanggal 9 Juli – 31 Agustus 2018. Sebagai Dosen Pembimbing Lapangan II ditunjuk Bapak Johan Wahyudi, Amd. Selama proses KPL sudah menjadi bagian dari Prosedur Operasional Baku Prodi Ilmu Perpustakaan, bahwa harus ada masa pengantaran, masa monitoring dan masa penjemputan. Selama KPL mahasiswa diberi tantangan untuk dirotasi pada semua bagian yang ada di Perpustakaan UNESA. Terlebih saat mahasiswi dilibatkan dalam program Perpustakaan UNESA untuk menggabungkan semua Ruang Baca di setiap jurusan di UNESA. Pendek kata, mahasiswi terlibat untuk mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang harus disediakan setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi ruang baca masing-masing jurusan.

Kepala Perpustakaan UNESA, Bapak Suroto, M.A., Ph.D , saat masa pengantaran tanggal 9 Juli 2018, di depan Dosen Pembimbing KPL I Bapak Moh. Safii, S.Kom, M.Hum menyatakan bahwa mahasiswi yang sedang KPL harus siap untuk ditempa selama masa KPL dan hendaknya mengikuti setiap program lembaga. Tidak heran jika saat KPL mahasiswi terlibat aktif dalam berbagai program lembaga selama 8 minggu termasuk keaktifan mahasiswi dalam memeriahkan 17 Agustus sebagai agenda tahunan perpustakaan.