Selama 2 hari dari tanggal 25 dan 26 September 2018 Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang menyelenggarkan Kuliah Tamu dan Workshop dengan tema “Dari Open Access menuju Open Educational Resources”. Narasumber kuliah tamu ialah Heriyanto, Ph.D, Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro, Semarang.

Acara dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan dari berbagai angkatan, lebih dari 200 hadir pada acara ini yang bertempat di Aula Perpustakaan UM Lantai 2.

Dalam sambutannya Prof Heri Suwingyo selaku Koordinator Prodi Ilmu Perpustakaan, menyampaikan bahwa tantangan di era sekarang bagi mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan yang kelak terjun ke dunia kerja, bagaimana mewujudkan Open Access agar pengetahuan yang dimiliki lembaga dapat memberikan manfaat yang lebih luas. Misal dia bekerja di Perpustakaan, maka bagaimana karya intelektual tersebut dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat lebih luas.

Di akhir sambutannya, Prof Heri menyampaikan guyonan kepada narasumber, bahwa “Narasumber ini datang dari semarang, dan sekarang ada di Jalan Semarang”

Dalam paparannya, narasumber Bapak Heriyanto, Ph.D landasan pentingnya Open Access yaitu gratis dan akses tanpa batas. Contoh nyata saat ini ialah jurnal di Indonesia sudah mendukung open access.

Pada bidang pendidikan penerapan Open Access memberi manfaat luas yaitu terwujudknya ketersediaan dan penggunaan hasil-hasil penelitian berdampak pada tingkat kutipan publikasi open access jurnal dan akses secara terbuka memungkinkan media pencari untuk menemukan artikel yang telah dipublikasikan.

Pada bidang sosial, penerapan Open Access memberi manfaat yaitu menstimulasi diskusi di media sosial, mempertegas posisi penulis sebagai pemilik hak cipta dan membantu negara berkembang dalam hal penyediaan akses hasil-hasil penelitian.

Keesokan harinya, Rabu 26 September 2018, masih dalam satu rangkaian acara, diadakan workshop Metode Penelitian untuk mahasiswa angkatan 2015, yang akan menempuh skripsi. Tujuan dari workshop ini ialah untuk mempertajam topik penelitian mahasiswa sesuai KBK masing-masing. Sebagai narasumber pada kegiatan workshop hari kedua ini ialah Prof Heri Suwignyo (Metode Penelitian Kualitatif) dan Dr Moch. Syahri (Metode Penelitian Kuantitatif).