Malang. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan kuliah tamu. Kuliah tamu dengan tema “Teknologi Preservasi dalam Rangka Penyelamatan Khasanah Budaya Bangsa” dilaksanakan Kamis, 28 Maret 2019 di gedung AVA Fakultas Sastra.Kegiatan pada pagi hari ini dihadiri seluruh mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan D3 Perpustakaan. Kuliah tamu resmi dibuka oleh Bapak Dr.Roekhan , M.Pd selaku Ketua Jurusan Fakultas Sastra serta sebagai pemateri utama Ibu Dra. Sri Sumekar, M.Si. selaku Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI.

Dra. Sri Sumekar, M.Si. selaku pemateri memaparkan teknologi preservasi serta kegunaannya untuk menyelamatkan budaya bangsa. Pada kesempatan ini ada 9 materi penting yang akan di paparkan oleh  Dra. Sri Sumekar, M.Si. yaitu;

1. Gambaran khasanah budaya nusantara,
2. Analisis kondisi naskah kuno dalam khasanah budaya nusantara,
3. Tugas dan tanggung jawab Perpusnas dalam pelestarian khasanah budaya bangsa,
4. Pemahaman tentang preservasi, konservasi,
5. Kebijakan dalam konservasi dan alih media,
6. Penggunaan standart preservasi,
7. Sarana dan prasarana dalam aktivitas preservasi,
8. Teknologi preservasi,
9. Hasil pelestarian khasanah budaya bangsa.

Perpustakaan nasional menyimpan naskah naskah kuno Indonesia dari zaman dahulu. Saat ini Perpustakaan Nasional sudah melestarikan naskah kuno yang ada di  14 provinsi wilayah Indonesia. “Koleksi naskah kuno patut dilestarikan karena berisi pemikiran tokoh-tokoh zaman dahulu, akan tetapi jumlah pelestarian belum signifikan dengan jumlah naskah kuno yang ada”, ujarnya.

Pelestarian bukan hanya tentang pemeliharaan koleksi perpustakaan, tetapi juga tentang pengalihan bahasa naskah naskah kuno agar dapat dimengerti dan diambil manfaatnya. Masyarakat perlu memahami tentang pelestarian naskah kuno karena naskah naskah kuno yang ada di dalam lingkungan masyarakat masih sangat banyak dan pelestariaannya tidak diperhatikan. Kebanyakan masyarakat hanya memanfaatkan naskah kuno sebagai barang yang dikeramatkan sehingga dalam pelestariaannya tidak di perhatikan.

Kegiatan tanya jawab dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa dan dosen agar dapat berdiskusi dengan pemateri dan menambah pemahaman serta kemampuan diskusi peserta kuliah tamu. Sebagai kata penutup ibu Dra. Sri Sumekar, M.Si. sangat mengharapkan partisipasi mahasiswa UM kususnya prodi Ilmu Perpustakaan untuk ikut serta membantu pelestarian naskah naskah kuno yang ada di Perpusnas.

Pewarta           : Adinda Nur Melati – internship Humas UM

Pewarta Foto   : Derin Aypa Berhama Zega – Internship Humas UM

Sumber um.ac.id , Unduh materi Kuliah Tamu diatas. Dokumentasi kegiatan disini.