SURAT EDARAN

Nomor 2.4.1/UN32.2.5.1/DT/2020

TENTANG PELAKSANAAN UJI TUGAS AKHIR, SKRIPSI, TESIS, DISERTASI, KUALIFIKASI LISAN, KELAYAKAN NASKAH TESIS, KELAYAKAN NASKAH DISERTASI, DAN SEMINAR PROPOSAL TESIS JURUSAN SASTRA INDONESIA

Berdasarkan Surat Edaran Universitas Negeri Malang nomor 18.3.17/UN32/LL/2020 tentang Protokol Pencegahan Corona Virus (COVID-19) di lingkungan Universitas Negeri Malang, yang diperpanjang masa berlakunya sampai dengan 29 Mei 2020 melalui Surat Edaran Rektor Nomor 27.3.3/UN32/TU/2020 tanggal 27 Maret 2020, maka Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra mengatur pelaksanaan ujian tugas akhir (TA), skripsi, tesis, disertasi, kelayakan naskah disertasi, kualifikasi lisan (kualifikasi proposal disertasi), dan seminar proposal tesis pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 sebagai berikut.

I. TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI
A. UJIAN KELAYAKAN

Ujian kelayakan naskah skripsi ditiadakan

B. UJIAN TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI

  1. Praujian
    a. Mahasiswa yang naskah tugas akhir/skripsinya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar ujian tugas akhir/skripsi.
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan ujian melalui Form Persetujuan Ujian yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanUjianSkripsi atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa mendaftar ujian tugas akhir/skripsi pada laman http://bit.ly/UjianSkripsiJSI. Jadwal ujian dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen penguji melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    d. Mahasiswa mengirimkan file naskah tugas akhir/skripsi dalam format Microsoft Word (.doc) ke para penguji melalui aplikasi whatsapp atau e-mail, paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan ujian.
    e. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara di http://bit.ly/FormatPenilaianSkripsiJSI dan http://bit.ly/DaftarHadirUjianSkripsiJSI. Format penilaian dikirimkan ke penguji dan berita acara dikirimkan ke Pembimbing 1.
  2. Saat Ujian
    Pelaksaan ujian dapat dilaksanakan dengan interaksi tidak langsung online atau interkaksi langsung online. Jika ujian dilaksanakan dengan interkaksi secara tidak langsung online menggunakan e-mail, prosedurnya adalah sebagai berikut.
    a. Penguji menilai naskah tesis dan menuliskan catatan penilaiannya terhadap naskah yang dinilai.
    b. Penguji mengirimkan hasil penilaiannya dan catatan penilaiannya kepada Pembimbing 1 melalui whatsapp/e-mail.
    c. Pembimbing 1 merekap hasil penilaian dan menentukan niali akhir, serta catatan penilaian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Pembimbing 1 menentukan masa revisi.
    d. Hasil penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaiskripsi.Jika ujian dilaksanakan dengan interaksi langsung online, prosedurnya sebagai berikut.
    a. Pelaksanaan ujian dapat dilakukan dengan aplikasi grup whatsapp, cisco webex meetings, atau google meet dengan prosedur berikut.
    1) Pembimbing 1 membentuk grup whatsapp atau grup virtual yang beranggotakan dewan penguji dan mahasiswa.
    2) Pembimbing 1 menjadi ketua dewan penguji. Ketua dewan penguji mempersilakan mahasiswa menyampaikan ringkasan tesisnya dalam waktu maksimal 10 menit.
    3) Ketua Dewan Penguji mempersilakan para penguji menyampaikan pertanyaan dan saran secara bergilir untuk direspon oleh mahasiswa. Setiap penguji diberi waktu penguji maksimal 15 menit.
    b. Ketua dewan penguji mengeluarkan mahasiswa dari grup untuk sementara waktu dan mendikusikan hasil ujian untuk menentukan kelulusan.
    c. Hasil penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaiskripsi.
    d. Ketua Dewan Penguji memasukkan kembali mahasiswa ke dalam grup dan mengumumkan hasil ujian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Ketua Dewan Penguji menyampaikan masa revisi, masa waktu revisi, dan mengunggah catatan revisi ke grup whatsapp.
  3. Pascaujian
    a. Mahasiswa merevisi naskah tugas akhir/skripsi berdasarkan catatan revisi dari penguji dan mengkonsultasikan hasil revisinya ke penguji melalui whatsapp atau e-mail sesuai masa revisi yang ditetapkan.
    b. Mahasiswa mengirimkan naskah tugas akhir/skripsi beserta lampirannya yang sudah disahkan oleh dewan penguji ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

II. TESIS
A. SEMINAR PROPOSAL TESIS

  1. Praseminar
    a. Mahasiswa yang naskah proposal tesisnya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar seminar proposal tesis.
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan seminar proposal tesis melalui Form Persetujuan Seminar yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanSemproTesis atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa mendaftar seminar proposal tesis pada laman http://bit.ly/SemproTesisJSI. Jadwal seminar dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen pembimbing melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    d. Mahasiswa mengirimkan file proposal tesis dalam format Microsoft Word (.doc) ke para penguji melalui whatsapp atau e-mail, paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan seminar.
    e. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara dari http://bit.ly/FormatPenilaianTesisJSI. Format penilaian dan berita acara dikirimkan ke Pembimbing 1.
  2. Saat Seminar
    Pelaksanaan seminar dilakukan dengan interaksi tidak langsung online dengan prosedur sebagai berikut.
    a. Mahasiswa membentuk grup whatsapp yang beranggotakan: para pembimbing dan mahasiswa lain sebagai pembahas. Salah seorang mahasiswa lain ditunjuk sebagai moderator.
    b. Mahasiswa lain dan dosen pembimbing memberikan kritik, saran, catatan perbaikan atas proposal yang diseminarkan melalui grup whatsapp. Moderator merangkum saran perbaikan dan mengunggahnya ke grup whatsapp.
    c. Hasil seminar dan Berita Acara Pelaksanaan Seminar dikirim ke https://bit.ly/nilaitesis.
    d. Pembimbing 1 menyimpulkan hasil seminar. Jika proposal tesis mahasiswa dinyatakan layak, mahasiswa yang bersangkutan tidak perlu seminar ulang dan dapat melanjutkan kegiatan penelitiannya. Jika proposal mahasiswa dinyatakan tidak layak, mahasiswa harus mengulang seminar proposal.
  3. Pascaseminar
    a. Mahasiswa melakukan revisi proposal tesis berdasarkan catatan revisi dari hasil seminar dan mengonsultasikan hasil revisinya ke pembimbing secara daring.
    b. Mahasiswa mengirimkan filr proposal tesis yang sudah direvisi ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

B. UJIAN TESIS

  1. Praujian
    a. Mahasiswa yang naskah tesisnya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar ujian tesis.
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan ujian tesis melalui Form Persetujuan Ujian yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanUjianTesisJSI atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa mendaftar ujian tesis pada laman http://bit.ly/ujiantesisJSI. Jadwal ujian dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen penguji melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    d. Mahasiswa mengirimkan file naskah tesis dalam format Microsoft Word (.doc) ke penguji melalui whatsapps atau e-mail, paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan ujian.
    e. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara dari http://bit.ly/FormatPenilaianTesisJSI. Format penilaian dikirimkan ke penguji dan berita acara dikirimkan ke Pembimbing 1.
  2. Saat Ujian
    Ujian dapat dilaksakanan dengan interaksi tidak langsung atau interaksi langsung online. Jika ujian dilaksanakan dengan intekasi tidak langsung, prosedunyar sebagai berikut.
    a. Penguji menilai naskah tesis dan menuliskan catatan penilaiannya terhadap naskah yang dinilai.
    b. Penguji mengirimkan hasil penilaiannya dan catatan penilaiannya kepada Pembimbing 1 melalui whatsapp/e-mail.
    c. Pembimbing 1 merekap hasil penilaian dan menentukan niali akhir, serta catatan penilaian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Pembimbing 1 menentukan masa revisi.
    d. Hasil penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke bit.ly/nilaitesis. Jika ujian dilaksanakan dengan interaksi langsung online, prosedurnya sebagai berikut.
    a. Pelaksanaan ujian dapat dilakukan dengan aplikasi grup whatsapps, cisco webex meetings, atau google meet. Jika ujian dilaksanakan secara daring maka berlaku ketentuan berikut.
    1) Pembimbing 1 membentuk grup whatsapps atau membentuk ruang virtual yang beranggotakan dewan penguji dan mahasiswa.
    2) Ketua dewan penguji mempersilakan mahasiswa mempresentasikan ringkasan tesis dalam waktu maksimal 10 menit.
    3) Ketua dewan penguji mempersilakan setiap penguji untuk mengajukan pertanyaan dan saran secara bergantian untuk direspon mahasiswa. Waktu yang disediakan untuk setiap penguji sekitar 15 menit.
    b. Ketua dewan penguji mengeluarkan mahasiswa dari grup untuk sementara waktu dan dewan penguji mendikusikan hasil ujian untuk menentukan kelulusan.
    c. Hasil Penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirimkan ke http://bit.ly/nilaitesis.
    d. Ketua dewan penguji memasukkan kembali mahasiswa ke dalam grup dan mengumumkan hasil ujian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Ketua Dewan Penguji menyampaikan masa revisi dan mengunggah catatan revisi ke grup whatsapp.
  3. Pascaujian
    a. Mahasiswa melakukan revisi naskah tesis berdasarkan catatan revisi dari penguji dan mengonsultasikan hasil revisinya ke penguji secara daring sesuai masa revisi yang ditetapkan.
    b. Mahasiswa mengirimkan file tesis yang sudah disahkan oleh dewan penguji beserta lampirannya ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

III.DISERTASI
A. UJIAN KUALIFIKASI PROPOSAL DISERTASI (KUALIFIKASI LISAN)

  1. Praujian
    a. Mahasiswa yang naskah proposal disertasinya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar ujian kelayakan proposal disertasi (kualifikasi lisan).
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan ujian kelayakan proposal disertasi melalui Form Persetujuan Ujian yang diunduh dari http://bit.ly/PengajuanUjiKualifikasiLisanDisertasiJSI atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa mendaftar ujian kelayakan proposal disertasi pada laman http://bit.ly/UjianKualifikasiJSI. Jadwal ujian dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen penguji melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    d. Mahasiswa mengirimkan file proposal disertasi dalam format Microsoft Word (.doc) ke para penguji melalui whatsapp atau e-mail, paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan ujian.
    e. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara dari http://bit.ly/FormatPenilaianKualifikasiLisanJSI. Format penilaian dikirimkan ke para penguji dan berita acara dikirimkan ke Pembimbing 1.
  2. Saat Ujian
    Ujian dapat dilaksakanan dengan interaksi tidak langsung atau interaksi langsung online. Jika ujian dilaksanakan dengan interaksi tidak langsung, prosedunyar sebagai berikut.
    e. Penguji menilai naskah tesis dan menuliskan catatan penilaiannya terhadap naskah yang dinilai.
    f. Penguji mengirimkan hasil penilaiannya dan catatan penilaiannya kepada Pembimbing 1 melalui whatsapp/e-mail.
    g. Pembimbing 1 merekap hasil penilaian dan menentukan niali akhir, serta catatan penilaian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Pembimbing 1 menentukan masa revisi.
    h. Hasil penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaikualifikasidisertasi.
    Jika ujian dilaksanakan dengan interaksi langsung online, prosedurnya sebagai berikut.
    a. Koorprodi membentuk grup whatsapp yang beranggotakan para penguji, tanpa melibatkan mahasiswa lain.
    b. Para penguji mengunggah hasil penilaian proposal disertasi ke grup whatsapp. Pembimbing 1 menyimpulkan hasil penilaian dan merangkum saran perbaikan.
    i. Hasil Penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaikualifikasidisertasi.
    c. Koorprodi memasukkan mahasiswa ke dalam grup whatsapp dan mengumumkan hasil ujian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Koorprodi menyampaikan masa revisi dan mengunggah rangkuman catatan revisi ke grup whatsapp.
  3. Pascaujian
    a. Mahasiswa melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan catatan revisi dari penguji dan mengonsultasikan hasil revisinya ke penguji secara daring sesuai masa revisi yang ditetapkan.
    b. Mahasiswa mengirimkan file disertasi yang sudah disahkan oleh dewan penguji beserta lampirannya ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

B. UJIAN KELAYAKAN NASKAH DISERTASI

  1. Praujian
    a. Mahasiswa yang naskah disertasinya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar ujian kelayakan naskah disertasi.
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan ujian kelayakan naskah disertasi melalui Form Persetujuan Ujian yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanKelayaanDisertasiJSI atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa mendaftar ujian kelayakan naskah disertasi pada laman http://bit.ly/UjianKelayakanDisertasiJSI. Jadwal ujian dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen penguji melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    d. Mahasiswa mengirimkan file naskah disertasi dalam format Microsoft Word (.doc) ke para penguji melalui whatsapp atau e-mail, paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan ujian.
    e. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara dari http://bit.ly/FormatPenilaianKelayakanDisertasiJSI. Format penilaian dikirimkan ke para penguji dan berita acara dikirimkan ke Pembimbing 1.
  2. Saat Ujian
    Pelaksanaan ujian dilakukan dengan interkasi tidak langsung online melaui grup whatsapp dengan prosedur sebagai berikut.
    a. Koorprodi membentuk grup whatsapp yang beranggotakan para penguji.
    b. Para penguji mengunggah hasil penilaian naskah disertasi ke grup whatsapp. Pembimbing 1 menyimpulkan hasil penilaian dan merangkum saran perbaikan.
    c. Hasil Penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaikelayakandisertasi.
    d. Koorprodi memasukkan mahasiswa ke dalam grup whatsapp dan mengumumkan hasil ujian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Koorprodi menyampaikan masa revisi dan mengunggah rangkuman catatan revisi ke grup whatsapp.
  3. Pascaujian
    a. Mahasiswa melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan catatan revisi dari penguji dan mengonsultasikan hasil revisinya ke penguji secara daring sesuai masa revisi yang ditetapkan.
    b. Mahasiswa mengirimkan file disertasi yang sudah disahkan oleh dewan penguji beserta lampirannya ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

C. UJIAN DISERTASI

  1. Praujian
    a. Mahasiswa yang naskah disertasinya dinyatakan layak oleh dosen pembimbing berhak mendaftar ujian disertasi.
    b. Dosen pembimbing memberi persetujuan ujian disertasi melalui Form Persetujuan Ujian yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanUjianDisertasiJSI atau memberi pernyataan persetujuan melalui whatsapp.
    c. Mahasiswa menghubungi dosen penguji dari luar Universitas Negeri Malang dan meminta kesediaannya menguji berupa isian Form Persetujuan Menguji yang diunduh dari http://bit.ly/PersetujuanUjianDisertasiJSI atau pernyataan persetujuan menguji melalui whatsapp.
    d. Mahasiswa mendaftar ujian disertasi pada laman http://bit.ly/UjianDisertasiJSI. Jadwal ujian dikeluarkan 3–5 hari kerja setelah pendaftaran dan disampaikan kepada dosen penguji melalui e-office dan diumumkan melalui laman http://jsi.sastra.um.ac.id.
    e. Mahasiswa mengirimkan file naskah disertasi dalam format Microsoft Word (.doc) ke para penguji melalui whatsapp atau e-mail, paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan ujian.
    f. Mahasiswa mengunduh format penilaian dan berita acara dari http://bit.ly/FormatPenilaianUjianDisertasiJSI. Format penilaian dikirimkan ke para penguji dan berita acara dikirimkan ke Koorprodi.
  2. Saat Ujian
    Ujian dapat dilaksakanan dengan interaksi tidak langsung atau interaksi langsung online
    Jika ujian dilaksanakan dengan intekasi tidak langsung, prosedunyar sebagai berikut.
    a. Penguji menilai naskah tesis dan menuliskan catatan penilaiannya terhadap naskah yang dinilai.
    b. Penguji mengirimkan hasil penilaiannya dan catatan penilaiannya kepada Pembimbing 1 melalui whatsapp/e-mail.
    c. Pembimbing 1 merekap hasil penilaian dan menentukan niali akhir, serta catatan penilaian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Pembimbing 1 menentukan masa revisi.
    d. Hasil penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaidisertasi.
    Jika ujian dilaksanakan dengan interaksi langsung online, prosedurnya sebagai berikut.
    a. Pelaksanaan ujian dilakukan secara daring sinkron dengan aplikasi cisco webex meetings, atau google meet.
    b. Koorprodi membentuk ruang virtual yang beranggotakan: Dekan/WD1, para penguji, dan mahasiswa. Ujian dipimpin oleh Dekan/WD1.
    c. Dekan/WD1 mempersilakan mahasiswa mempresentasikan ringkasan disertasi dalam waktu maksimal 15 menit.
    d. Dekan/WD1 mempersilakan setiap penguji mengajukan pertanyaan dan saran secara bergantian untuk direspon mahasiswa. Waktu yang disediakan untuk setiap penguji sekitar 15 menit.
    e. Koorprodi mengeluarkan mahasiswa dari ruang virtual untuk sementara waktu. Dewan penguji mendikusikan hasil ujian untuk menentukan kelulusan.
    f. Hasil Penilaian dan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dikirim ke https://bit.ly/nilaidisertasi.
    e. Koorprodi memasukkan kembali mahasiswa ke dalam ruang virtual dan mengumumkan hasil ujian. Jika mahasiswa dinyatakan lulus, Ketua Dewan Penguji menyampaikan masa revisi dan mengunggah catatan revisi ke grup whatsapp.
  3. Pascaujian
    a. Mahasiswa melakukan revisi naskah disertasi berdasarkan catatan revisi dari penguji dan mengonsultasikan hasil revisinya ke penguji secara daring sesuai masa revisi yang ditetapkan.
    b. Mahasiswa mengirimkan file disertasi yang sudah disahkan oleh dewan penguji beserta lampirannya ke Sekretaris Jurusan melalui e-mail jsi.fs@um.ac.id.

UNDUH SURAT EDARAN Nomor 2.4.1/UN32.2.5.1/DT/2020 TENTANG PELAKSANAAN UJI TUGAS AKHIR, SKRIPSI, TESIS, DISERTASI, KUALIFIKASI LISAN, KELAYAKAN NASKAH TESIS, KELAYAKAN NASKAH DISERTASI, DAN SEMINAR PROPOSAL TESIS JURUSAN SASTRA INDONESIA