Jurusan Sastra Indonesia (JSI) merupakan salah satu unsur pelaksana akademik Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM). Sebagai unsur pelaksana akademik fakultas, JSI mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan ilmu bahasa sastra Indonesia dan pembelajarannya, serta ilmu perpustakaan.

Jurusan Sastra Indonesia lahir bersamaan dengan berdirinya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pada awal berdirinya, jurusan ini bernama Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tanggal 1 Mei 1963 jurusan ini berubah nama menjadi Jurusan Bahasa Indonesia. Pada tahun 1975 jurusan ini berubah nama lagi menjadi Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia. Tahun 1983 nama jurusan berubah lagi menjadi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam rangka perluasan mandat IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 1999, jurusan ini untuk kali kesekian berubah namanya menjadi Jurusan Sastra Indonesia dengan dua program studi: (1) Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, dan (2) Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia. Sejak tahun 2010, Jurusan Sastra Indonesia memiliki program studi baru, yaitu Program Studi Diploma III Perpustakaan. Kemudian berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 439/E.E2/DT/2014, tanggal 19 Mei 2014, JSI memperoleh mandat untuk menyeleng¬gara¬kan Program Studi Sarjana Ilmu Perpustakaan.
Adanya perluasan otonomi fakultas di UM, sejumlah tanggung jawab akademik Program Pascasarjana diserahkan ke fakultas/jurusan. Pada saat ini Jurusan Sastra Indonesia menaungi enam program studi, yakni: (1) Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, dan (2) Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia, (3) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, (4), Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, (5) Program Studi Diploma III Perpustakaan, dan (6) Program Studi Sarjana Ilmu Perpustakaan.
Kurikulum yang pernah berlaku di Jurusan Sastra Indonesia adalah (1) Kurikulum 1978, (2) Kurikulum 1988, (3) Kurikulum 1992, (4) Kurikulum 1997, (5) Kurikulum 2002, (6) Kurikulum 2008, (7) Kurikulum 2009. Kurikulum yang diberlakukan sekarang adalah Kurikulum 2013 edisi 2016. Kurikulum 2016 merupakan penyempurnaan kurikulum 2013 dengan berlandaskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).