Program Doktor

S3

Pendidikan Bahasa Indonesia

Memiliki kapabilitas keilmuan bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya serta mengembangkannya menjadi gagasan-gagasan inovatif, kreatif, dan produktif melalui riset multidisiplin, interdisiplin, atau transdisiplin yang adaptif terhadap perkembangan budaya dan ipteks untuk memenuhi kebutuhan nasional maupun internasional.

Program Magister

S2

Pendidikan Bahasa Indonesia

Memiliki kapabilitas keilmuan bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya serta menerapkannya menjadi gagasan-gagasan inovatif, kreatif, dan produktif melalui riset multidisiplin atau interdisiplin yang adaptif terhadap perkembangan budaya dan ipteks untuk memenuhi kebutuhan nasional maupun internasional yang akan dicapai pada tahun 2024.

Program Sarjana

S1

Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

Menghasilkan pendidik dan peneliti pemula yang menguasai keilmuan inti kebahasaan, kesastraan, kemampuan berbahasa-bersastra Indonesia, dan keilmuan pendidikan dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta menginovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah serta mengembangkan dan mengelola keahlian tambahan yang relevan dan responsif dengan tuntutan, perkembangan ilmu dan teknologi informasi dengan prinsip belajar sepanjang hayat, mengedepankan nilai-nilai humaniora, serta berjiwa wirausaha (literasi-preneurship).

Bahasa dan Sastra Indonesia

Mengembangkan ilmu kebahasaan dan kesasatraan berbasis penelitian yang responsif budaya dan perkembangan teknologi informasi yang akan dicapai pada tahun 2030.

Ilmu Perpustakaan

Mengembangkan ilmu perpustakaan berbasis penelitian dengan penekanan pada bidang manajemen perpustakaan dan manajemen informasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kapabilitas dan mampu berinovasi.

Program Diploma

D3

Perpustakaan

Menerapkan pengelolaan sumber daya informasi dengan penekanan pada bidang manajemen perpustakaan sekolah atau perpustakaan lain berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam mengelola perpustakaan.