IMG_4716 IMG_4729 IMG_8563IMG_4732Senin (9/4/2018) Fakultas Sastra UM mendapat kunjungan dari Universitas Negeri Jakarta. Kunjungan kali ini dihadiri oleh 43 mahasiswa program studi Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta beserta dosen pendampingnya, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia serta beberapa dosen Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.  Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Memediakan Sastra Klasik dan Bahasa Kedaerahan”. Acara berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di Aula Fakultas Sastra.

Sambutan hangat ditunjukan oleh keluarga jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra  UM. Salah satunya melalui sambutan Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. Beliau menyebut kunjungan KKL UNJ sebagai aktivitas silaturahmi ilmiah. Selain itu sambutan hangat juga diberikan oleh mahasiswa melalui penampilan Griya Sastra Puisi yang berkolaborasi dengan Minor Jawa. Kolaborasi ini ditunjukkan dengan iringan musik Jawa saat pembacaan puisi berjudul Pathet Manyura karya Djoko Saryono, salah satu guru besar Sastra UM. Pembacaan puisi juga dilakukan disela bincang puisi yang diwakili oleh Inayatul Masluchi (mahasiswa Sastra Indonesia UM) dan Devita Yulianti (mahasiswa prodi Bahasa & Sastra Indonesia UNJ). Pada akhir bincang puisi disebutkan bahwa puisi yang diciptakan di suatu daerah pasti memiliki kecenderungan yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan, alam, budaya, dan faktor-faktor lainnya.

Acara dilanjutkan dengan studi banding kuliah. Dalam hal ini UNJ diwakili oleh Kiki Andriani. Ia menyampaikan perkuliahan di prodi Bahasa & Sastra Indonesia. Dalam studi banding tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan Universitas Negeri Malang dengan Universitas Negeri Jakarta terlihat dari beberapa matakuliah, konsentrasi (minor), dan organisasi yang ada di dalamnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB ini mendapat respon baik dari  mahasiswa KPL UNJ. Hal tersebut disampaikan oleh Arezza Budih, selaku ketua KPL UNJ. “Saya sangat kagum. Diluar dugaan. Penyambutan yang sangat baik dan hangat diberikan oleh Universitas Negeri Malang. Harapan kami semoga hal yang baik dari UM bisa kami terapkan di UNJ, dan  silaturahmi tidak putus sampai di sini saja”.

Acara ditutup dengan penampilan kolaborasi mahasiswa Minor Jawa dan dosen Jurusan Sastra Indonesia diantarannya Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., Teguh Tri Wahyudi, S.S., M.A., & Mochammad Zainy. Tembang yang dibawakan diantaranya adalah Salam Ala Sastra dan Mars Sastra. Tak mau kalah, Universitas Negeri Jakarta turut serta menyemarakkan acara. 5 perwakilannya menampilkan musikalisasi puisi yang menawan perhatian para pendengarnya. (Red)