Rabu (2/ 5/ 2018) bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Universitas PGRI Ronggolawe berkunjung ke Universitas Negeri Malang khususnya Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra. Acara berlangsung mulai pukul 09.00 WIB di Aula Fakultas Sastra Gedung E6 lt 2. Kunjungan kali ini dihadiri oleh 33 mahasiswa dan 10 dosen dari Universitas PGRI Ronggolawe.

Sambutan hangat diberikan oleh Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. selaku ketua Jurusan Sastra Indonesia. Menurut beliau kunjungan studi kemahasiswaan ini diperlukan guna mewujudkan serta meningkatkan kegiatan mahasiswa yang lebih inovatif dan kreatif. Selain itu sambutan baik juga diberikan melalui penampilan dari griya sastra puisi. Mereka membacakan puisi berjudul Pathet Manyura karya Djoko Saryono, salah seorang dosen Sastra Indonesia. Tak kalah menarik penampilan minor jawa hadir dengan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen-dosen istimewa.

Acara dilanjutkan dengan bincang kemahasiswaan. Para dosen dari Universitas PGRI Ronggolawe dan Universitas Negeri Malang disilakan menuju gedung E7 untuk berdiskusi seputar program studi. Sementara itu, para mahasiswa tetap tinggal di Aula Fakultas Sastra untuk melanjutkan acara. Kegiatan sarasehan ini dipandu oleh Cakra Wisnu Megantara selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia ditemani oleh Bapak Teguh selaku Pembina.

Dalam perbincangan yang hangat tersebut Cakra menyampaikan mengenai struktur organisasi dari HMJ sendiri serta program kerja selama satu periode. Dilengkapi oleh penjelasan Bapak Teguh mengenai kegiatan jurusan dan upaya- upaya untuk memaksimalkan program kerja yang telah dirancang sebelumnya.

“Kami tidak hanya menyusun program kerja berbasis hiburan semata. Mandala Sastra misalnya, kegiatan tersebut merupakan kegiatan diklat pengurus baru HMJ Sastra Indonesia. Kami mengonsep kegiatan tersebut tidak sekadar acara diklat namun juga mengemasnya dengan penyelidikan nilai sosial kemasyarakatan daerah sekitar sehingga pengurus juga dapat menghasilkan karya baik berupa puisi atau esai” jelas Bapak Teguh.

Respon baik juga diberikan oleh pihak Universitan PGRI Ronggolawe. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu mahasiswanya, “Terima kasih atas sambutan baik yang diberikan pihak Universitass Negeri Malang, kami sangat senang. Semoga silaturahmi dan kerjasama tetap terjalin dengan baik”. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini ditutup dengan penampilan minor jawa. (ros/red)